Rabu, 03 Desember 2008

BAB III

MODEL DAYA KOMPETITIF PORTER








Menggunakan Sistem Informasi Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif



Model yang paling luas penggunaannya untuk dimengerti keunggulan kompetitif adalah model daya kompetitif (competitive forces model ), Model daya kompetitif porter membantu bisnis menggunakan sistem informasi untuk keunggulan kompetitif, dalam model daya kompetitif porter, posisi strategis perusahaan dan strategisnya ditentukan oleh kompetisi dengan pesaing tradisional langsungnya tetapi juga dipengaruhi pemain baru di pasar, barang dan jasa pengganti, pemasok, dan pelangga. Sistem informasi membantu perusahaan bersaing dengan mempertahankan harga yang rendah, membedakan barang dan jasa, berfokus pada peluang pasar, memperkuat hubungan pelanggan dan pemasok, meningkatkan batasan entri pasar dengan tingkat operasional yang sangat baik.

model ini menyediakan pandangan umum terhadap perusahaan, pesaingnya dan lingkungan perusahaan. Lima daya kompetitif membebtuk nasip perusahaan :


Ø PESAING TRADISIONAL



Seluruh perusahaan berbagi pangsa pasar dengan pesaing lainya yang secara berkelanjutan menggunakan cara baru, yang lebih efisien untuk memproduksi dengan memperkenalkan produk dan jasa baru, dan mencoba untuk menarik pelanggan dengan mengembangkan merk dan mengenakan biaya perubahan kepada pelanggan.


Contoh pada pesaing tradisional ini bisnis souvenir aceh :

Ø Rencong

Ø Pakaian adapt

Ø Peci bordir aceh

Ø Dll.


Ø PEMAIN BARU DIPASAR


Pada ekonomi bebas dengan sumber daya tenaga kerja dan keuangan yang dapat bergerak, perusahaan baru selalu memasuki pasar . pada beberapa industri , terdapat halangan yang sangat rendah untuk memasuki pasar, dimana pada industri lainnya, memasuki pasar adalah sangat sulit.

MODEL DAYA KOMPETITIF P







Dalam model daya kompetitif porter, posisi stategis perusahaan dan strateginya ditentukan tidak hanya oleh persaingan dengan pesaing langsung tradisionalnya, tetapi juga oleh empat kekuatan dalam lingkungan: pemain baru di pasar, produk pengganti, konsumen dan pemasok.


Ø PRODUK DAN JASA PENGGANTI


Saat ini hampir semua industri, terdapat pengganti yang mungkin digunakan oleh pelanggan jika harga terlalu tinggi.teknologi baru menciptakan pengganti setiap waktu. Semakin banyak produk dan jasa pengganti pada industri, semakin tidak mungkin melakukan penetapan harga dan semakin rendah margin laba.


Contohnya pada perusahaan elektronik pengguna MP4/MP3 dapat digantikan dengan handphone yang saat ini terus dikembangkan teknologinya, bahkan bukan hanya MP4/MP3 saja yang terdapat pada fiture hanphone yang ditawarkan melaikan camera dengan megapixel yang tinggi serta dapat menggaplikasi program dengan cara online melalui internet pada handphone.



Ø PELANGGAN


Perusahaan yang untung bergantung kepada pengukuran besar atas kemampuannya menarik dan mempertahankan pelanggan (sambil menjauhkan pelanggan Dari pesaing), dan membebankan harga yang tinggi. Kekuatan para pelanggan berkembang jika mereka dapat dengan mudah berpindah kepada jasa dan produk pesaing. Atau jika mereka dapat memaksa bisnis dan pesaingnya untuk bersaing hanya pada harga transparan dimana terdapat sedikit diferensiasi produk ( product differentiation ), dan seluruh harga dapat diketahui dengan cepat (seperti di internet). Tetapi para pelanggan juga tetap mempertimbangkan kualitas barang yang di tawarkan oleh para produsen karena konsumen/pelanggan tidak mau merasakan kekecewaan pada barang yang di beli dengan harga murah apa lagi dengan harga mahal.



Ø PEMASOK


Pemasok juga memiliki peran penting pada sebuah perusahaan yang segala sesuatunya bersumber dari pemasok mulai dari bahan materil maupun pada pengiriman. Kekuatan pasar pemasok dapat memiliki dampak penting pada keuntungan perusahaan, terutama jika perusahaan tidak dapat menaikan harga sedangkan pemasok bisa. Semakin banyak pemasok berbeda yang dimiliki perusahaan, semakin besar kendali yang dapat dijalankan atas pemasok dalam bentuk harga, kwalitas, dan jadwal pengiriman.




Sistem Informasi Manajemen
mengelola perusahaan digital
buku 1 edisi 10
KENNETH C. LAUDON - JANE P. LAUDON

Tidak ada komentar: